Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pisang untuk Darah Tinggi

Manfaat Buah Pisang untuk Darah Tinggi

Manfaat buah pisang untuk darah tinggi rupanya bukan sekedar isapan jempol belaka. Dalam buku Nutritive Value of Banana tahun 2000, disebutkan terdapat sebuah penelitian di India dan Amerika yang mampu membuktikan bahwa makanan yang mengandung banyak kalium seperti pisang, mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu menjadi sebuah berita baik untuk Anda yang memiliki riwayat darah tinggi.

Pisang disebut sebagai buah penurun darah tinggi paling cepat, sebab kandungan kaliumnya yang sangat tinggi. Dimana pada buah pisang berukuran sedang mempunyai kandungan 12% kalium, 1% kalsium dan 8% magnesium. Anda dapat mengolah pisang menjadi berbagai makanan penurun darah tinggi misalnya saja dengan mencampur pisang dengan oatmel sehingga menjadi sarapan sehat, mengolahnya seagai smoothie atau jus, atau bisa juga dihaluskan dan dicampur sebagai adonan kue bolu yang lezat.

Baca juga: Manfaat Buah Plum Untuk Darah Tinggi

Pisang mengandung banyak zat gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh, terutama untuk mengatasi darah tinggi. Berikut khasiat lainnya yang perlu Anda ketahui dari buah pisang yang lezat ini.

Mengandung tinggi kalium

Manfaat buah pisang untuk darah tinggi sebab kaya akan kandungan kalium. Semakin tinggi kadar kalium dalam tubuh, maka resiko terkena stroke dan serangan jantung akan semakin rendah. Sebab kalium mampu mengimbangi peran sodium yang ada di dalam tubuh. Kalium juga berguna dalam menyeimbangkan jumlah garam dalam sel tubuh Anda, sehingga mampu mengontrol tekanan darah yang tinggi.

Pisang baik untuk Anda yang sedang stress

Ketika Anda sedang merasa stress, rupanya mengonsumsi pisang mampu memperbaiki pikiran Anda menjadi lebih rileks. Saat Anda sedang stress, metabolisme tubuh akan meningkat secara drastis sehingga mengurangi kadar kalium. Jika Anda mengonsumsi pisang, kadar kalium di dalam tubuh mampu kembali seimbang.

Kandungan sodium rendah

Jika Anda sedang melakukan diet rendah garam, maka mengonsumsi pisang adalah pilihan terbaik. Kandungan sodium di dalam pisang rendah namun kaya akan kalium, sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Itu tadi 3 manfaat buah pisang untuk darah tinggi. Rutin mengonsumsi pisang, tentu baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Pisang untuk Darah Tinggi"