Anak Saya Suka Berbohong

Anak Saya Suka Berbohong

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Mbak Fifi nan di rahmati Allah aku punya anak berusia 7 tahun sudah setahun ini suka berbohong bila ditanya sudah sholat atau belum, mengapa ya, mbak?

Dian, Bekasi

Jawaban :

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.,

Bu dian nan di rahmati Allah sebaiknya memang ibu mengajak anak sholat bersama sejak anak masih balita agar dia terbiasa. Namun, ketika menginjak usia 7 tahun, waktu sholat akhirnya menjadi beban untuk anak sebab dia sudah mulai bahagia bermain. Dan mungkin ketika sedang asyik bermain, Bu Dian memanggil buat sholat dan mainnya jadi terhenti, sehingga ia kesal dan akhirnya agar ia tidak terganggu waktu mainnya, maka dia mengatakan : “sudah Sholat.”

Saran aku , sebaiknya Ibu berikan rules of the game dan musyawarahkan dengan anak, misal : dia boleh main asalkan pada waktu adzan terdengar mainnya dihentikan dan boleh main lagi setelah sholat. Bila tidak mampu berbagi waktu antara sholat dan main, maka anak tidak boleh main, sebab dikhawatirkan bila kita membiarkan dia main terus, maka anak akan mnjadi lalai dalam mengerjakan sholatnya ketika dewasa nanti. Jadi biasakan saja bu, ketika mendengar suara adzan segala kesibukan dihentikan, anakpun akan mengikuti bila kita menghentikan semua pekerjaan kita, dan ia pun akan menghentikan permainannya.

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy