Anak Suka Mencari Alasan Ketika Belajar

Anak Suka Mencari Alasan Ketika Belajar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Saya mempunyai seorang anak laki-laki umur 5,6 tahun, nan sekarang baru masuk sekolah TK. Setiap pulang TK, guruTK selalu ingatkan mamanya nan jemput, supaya anaknya disuruh mengulang pelajaran nan di pelajari di sekolah, tetapi ketika mamanya mau mengajak dia buat belajar, anak kami selalu bilang : “bentar ma yaaa kalau udah sore nanti,” dan setelah sore diajak lagi dia alasan lagi : “adek (panggilan anak di rumah) lagi capek,” kadang mamanya agak terbawa emosi juga, jadi bagai mana caranya mam Fifi ?

Terima kasih.

Mardi

Jawaban :

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.,

Pak Mardi nan dicintai ALLOH, anak lelaki memang menyenangkan ya pak, dan mereka selalu sibuk dengan dirinya, dan akalnya juga bekerja keras dengan mimik nan lucu, terkadang kita baru tersadar ketika mereka sudah tidur, bahwa mereka telah menelabui kita dengan berhasil dan hari ini berlalu tanpa mereka untuk pe-er he..he… Saya juga punya anak lelaki nan lucu seperti anak bapak, pandai bicara dan punya akal seribu, tapi nan aku usahakan selama ini ialah mengikuti kemauannya dengan membuat perjanjian terlebih dahulu, misal : ya ade boleh main dulu, tapi lihat (sambil menunjuk ke jam dinding) bila jarum panjangnya ke angka 12 (saat itu jarum pendek ke angka 6) maka ade harus stop bermain dan cuci tangan cuci kaki lalu duduk, minum susu misalnya, biasanya bila sudah ada perjanjian nan disepakati maka anak-anak menurut pak.

Bila mereka juga menepati janjinya, tidak ada salahnya kita memuji. Dan bijak pula jika didepan anaknya kita memuji dia kepada nenek atau kakeknya, sehingga sebagai anak lelaki, mereka akan merasa bangga sebab dibanggakan. Tapi bila mereka melanggar, nah kita perlu tegas buat mngatakan tidak, dengan alasan misalnya : “minggu lalu umi berikan, tapi kamu melanggar, maka saat ini tak boleh lagi sampai kamu mampu memenuhi janji.”

Nampaknya terlalu dewasa ya pak, tapi percayalah, anak-anak itu sosok nan tak terduga dan mereka baisanya bahagia bila diperlakukan sama dengan orang dewasa. Bila mereka pegang janji, biasanya lebih erat daripada orang dewasa. Saya mengalaminya sendiri dan untuk aku hal itu menyenangkan sebab setelah lelah bekerja kita punya mitra kecil nan menyenangkan. Oke pak, semoga sukses dan untuk ibu, sekedar saran, bila kita marah, sebetulnya mereka tidak paham, mereka hanya merekam marahnya kita saja,tanpa tahu mengapa kita marah, lebih baik bicarakan atau menasehati dengan cerita,itu jauh lebih efektif. Selamat bercerita bu, salam sayang buat ananda.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy