Antara Keripik Binjai Dan Asinan Betawi

Antara Keripik Binjai Dan Asinan Betawi

Sahabat ialah keperluan jiwa nan mesti dipenuhi. Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian (Kahlil Gibran).

Namanya Muhammad Deni Maulana. Ia berasal dari Medan. Tepatnya di kota Binjai. Aku mengenalnya sudah lebih dari 4 tahun lamanya. Entah, dimana awal saya dapat bertemu—dan hingga sekarang dapat bersahabat dengannya. Aku juga tak tahu awal kali saya bersua. Tetapi hal itu tidak saya permasalahkan.

Bagiku ia orangnya baik, satu pikiran dan tahu watak masing-masing itu sudah nilai plus buat saya bersahabat dengannya. Dan 4 tahun lebih lamanya itulah jawabannya.

Kini sekarang ia sudah berkeluarga—dan mendapatkan jodoh di loka perantauannya sekarang ini. Tak lain di pinggiran selatan kota, Jakarta. Tepatnya Bintaro. Ia mendapatkan jodoh seorang perawan dari Betawi.

Tak lama kenal tiga bulan kemudian ia pun melangsungkan pernikahannnya dengan bidadari pilihan hatinya itu. Tapi tetap saja kebaikannnya terus saya rasakan hingga sekarang. Entah saya tak tahu kenapa ia begitu baik kepadaku. Aku juga sama sekali tak mengetahuinya! Apalagi saat saya sedang membutuhkan ia niscaya menolongku. Dan ia benar-benar menjadi dewa penolongku.

Tapi ada satu hal nan masih saya ingat sekali saat di pesta pernikahannya. Ia memberikan nasehat ketika saya sedang menjadi penerima tamu. Walau saat itu ia masih mengenakan baju pengantin.

“Yan, nanti kalo ane sudah pindah ke Medan jaga diri ente baik-baik ya. Dan jika ane tinggal di loka itu ane tentu akan mengirimkan keripik Binjai nan ente inginkan sudah lama. Tapi belum sempat ane kabulkan. Sabar aja ya, Yan. Doain biar ane dapat tinggal disana.”

Aku tidak mampu menjawabnya! Rasanya mulut ini rapat. Lidah pun menjadi kelu. Yang ada hanya air mata keharuan disaat pesta pernikahannnya. Aku tak menyangka disaat ia sedang menjadi raja sehari ia masih tetap peduli denganku.[]

Tanah Betawi–Ulujami, September 2010

FB/Email:fiyanarjun@gmail.com

Tribute for my best frend Deni Maulana. Thanks atas kebaikan sama ane bro selama ini. Semoga Allah memudahkan rezeki dan keluarga ente bro. Amin

Oase iman

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy