Apakah Boleh Memelihara Anjing?

Apakah Boleh Memelihara Anjing?

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pak Ustad nan baik,

Benarkah seorang muslimharam memelihara anjing? Saya ingin sekalimemiliki seekoranjing buat penjaga rumah (untuk disimpan di halaman rumah saja, tak masuk ke dalam). Bagaimana hukumnya orang butayang memeliharaanjing sebagaipenuntun? Apakah diperbolehkan?

Apakah asumsi bahwaanjing itu haram dipelihara itubenar, mengingat Allah SWT telah menganugrahkan berbagai kepintaran dan kecerdikan pada anjing nan sangat bermanfaat bagi manusia?

Terimakasih atas Pak Ustad

Wassalam

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Umumnya para ulama mengatakan bahwa memelihara anjing di dalam rumah haram hukumnya, kecuali bila ada khasiatnya buat menjaga rumah. Dan buat itu, anjing tak dipelihara di dalam rumah melainkan di luar rumah.

Larangan Memelihara Anjing di dalam Rumah

Ada sebuah dalil nan sering dijadikan dasar oleh para ulama buat tak memelihara anjing di dalam rumah.

من حديث عائشة؛ أنها قالت, " واعد رسول الله صلى الله عليه وسلم جبريل عليه السلام، في ساعة يأتيه فيها. فجاءت تلك الساعة ولم يأته. وفي يده عصا فألقاها من يده. وقال (ما يخلف الله وعده، ولا رسله) ثم التفت فإذا جرو كلب تحت سريره. فقال (يا عائشة! متى دخل هذا الكلب ههنا؟) فقالت: والله! ما دريت. فأمر به فأخرج. فجاء جبريل. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم (واعدتني فجلست لك فلم تأت). فقال: منعني الكلب الذي كان في بيتك. إنا لا ندخل بيتا فيه كلب ولا صورة"

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW menunggu Jibril as pda saat nan telah ditentukan. Namun Jibril tak datang pada saatnya, sehingga nabi melempar tongkat dari tangannya dan berkata, "Allah tak mengingkari janjinya, demikian juga dengan rasulnya." Kemudian beliau SAW menoleh dan mendapati seekor anjing di rongga di bawah rumah loka tidurnya. "Wahai Aisyah, sejak kapan anjingi itu masuk ke sini?" Aisyah menjawab, "Aku tak tahu." Maka beliau SAW memerintahkan agar anjing itu dikeluarkan. Maka datanglah jibril dan Rasulullah SAW bertanya, "Engkau telah janji dan saya telah duduk menunggu, tapi Engkau tak datang, mengapa?" Jibril menjawab, "Anjing di dalam rumahmu itu telah mencegahku. Sesungguhnya kami tak masuk ke dalam rumah nan ada anjing dan gambar." (HR Muslim)

Hadits ini dan hadits lainnya nan homogen telah dijadikan dasar oleh para ulama buat mengharamkan umat Islam memelihara anjing di dalam rumah.

Memiliki Anjing di dalam Al-Quran

NAmun meski demikian, di dalam Al-Quran Al-Kariem, di dalam salah satu ayatnya justru memberi isyarat tentang bolehnya seorang muslim memelihara anjing. Namun fungsinya jelas, yaitu sebagai anjing pemburu nan bertugas buat berburu hewan buruan. Dan memang tak dipelihara di dalam rumah, sebab memang haram hukumnya.

Simaklah ayat berikut ini:

Mereka menanyakan kepadamu, "Apakah nan dihalalkan bagi mereka?" Katakanlah, "Dihalalkan bagimu nan baik-baik dan oleh binatang buas (anjing)yang telah kamu ajar dengan melatih nya buat berburu; kamu mengajarnya menurut apa nan telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah dari apa nan ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya.(QS. Al-Maidah: 4)

Al-Mukallab adalah hewan buas apa saja, termasuk di dalamnya anjing, burung elang dan lainnya. Semuanya harus sudah terlatih, menurut kepada perintah tuannya, dan ketika melepasnya diucapkan basmalah.

Di ayat lain, juga disinggung tentang para hamba Allah nan menghuni gua (ashhabul kahfi), di mana mereka memiliki seekor anjing nan mengikuti selama pelarian dan persembunyian.

Atau kamu mengira bahwa orang-orang nan mendiami gua dan raqim (anjing)itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami nan mengherankan? (QS. Al-Kahfi: 9)

Meski ada beberapa disparitas pendapat tentang makna raqim di dalam ayat ini, namun tak sedikit nan berpendapat bahwa raqim ialah nama anjing milik salah seorang dari mereka.

Ayat ini menjunjukkan -setidaknya- umat Islam di masa lalu, sebelum masa kenabian Muhammad SAW, dibolehkan memelihara anjing.

Kenajisan Anjing

Selain keharaman memelihara anjing di dalam rumah, seorang muslim nan memelihara anjing buat penjaga atau pemburu juga harus memperhatikan sisi lainnya, yaitu faktor kenajisan air liur anjing dan tubuhnya juga.

Ada beberapa hadits nabawi nan secara tegas menyebutkan bahwa air liur anjing hukumnya najis. Di antaranya hadits berikut ini:

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Bila seekor anjing minum dari wadah milik kalian, maka cucilah 7 kali. (HR Bukhari 172, Muslim 279, 90).

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إذا شرب الكلب في إناء أحدكم فليغسله سبعا. متفق عليه

ولأحمد ومسلم: طهور إناء أحدكم إذا ولغ فيه الكلب أن يغسله سبع مرات أولاهن بالتراب

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Sucinya wadah kalian nan dimasuki mulut anjing ialah dengan mencucinya 7 kali." Dan menurut riwayat Ahmad dan Muslim disebutkan salahsatunya dengan tanah." (HR Muslim 279, 91, Ahmad 2/427)

Meski demikian, kedua hadits di atas masih dalam batas najis air liurnya saja. Tetapi apakah badannya juga najis, ternyata para ulama masih berbeda pendapat dalam membreak-down pengertiannya. Sebagian ulama menghukumi anjing sebagai hewan nan najis berat (mughallazhoh), bukan hanya air liurnya saja, tetapi juga seluruh tubuhnya. Namun ada sebagian ulama nan tak menghukumi najis anjing pada badannya, kecuali hanya air liurnya saja sebagai najis berat.

Lebih dalam tentang bagaimana disparitas pendapat di kalangan ulama tentang kenajisan anjing ini, kita bedah satu persatu sinkron apa nan terdapat dalam kitab-kitab fiqih acum utama.

1. Mazhab Al-Hanafiyah

Dalam mazhab ini, nan najis dari anjing hanyalah air liurnya, mulutnya dan kotorannya. Sedangkan tubuh dan bagian lainnya tak dianggap najis. Kedudukannya sebagaimana hewan nan lainnya, bahkan umumnya anjing bermanfaat banyak untuk manusia. Misalnya sebagai hewan penjaga atau pun hewan buat berburu. Mengapa demikian?

Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing, nan ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja (termasuk kotorannya) nan dianggap najis. Lihat kitab Fathul Qadir jilid 1 halaman 64, kitab Al-Badai` jilid 1 halaman 63.

2. Mazhab Al-Malikiyah

Mazhab ini juga mengatakan bahwa badan anjing itu tak najis kecuali hanya air liurnya saja. Bila air liur anjing jatuh masuk ke dalam wadah air, wajiblah dicuci tujuh kali sebagai bentuk ritual pensuciannya. Silahkan periksa kitab Asy-Syarhul Kabir jilid 1 halaman 83 dan As-Syarhus-Shaghir jilid 1 halaman 43.

3. Mazhab As-Syafi`iyah dan Al-Hanabilah

Kedua mazhab ini sepakat mengatakan bahwa bukan hanya air liurnya saja nan najis, tetapi seluruh tubuh anjing itu hukumnya najis berat, termasuk keringatnya. Bahkan hewan lain nan kawin dengan anjing pun ikut hukum nan sama pula. Dan buat mensucikannya harus dengan mencucinya tujuh kali dan salah satunya dengan tanah.

Logika nan digunakan oleh mazhab ini ialah tak mungkin kita hanya mengatakan bahwa nan najis dari anjing hanya mulut dan air liurnya saja. Sebab sumber air liur itu dari badannya. Maka badannya itu juga merupakan sumber najis. Termasuk air nan keluar dari tubuh itu juga, baik kencing, kotoran dan juga keringatnya.

Pendapat tentang najisnya seluruh tubuh anjing ini juga dikuatkan dengan hadits lainnya antara lain:

Bahwa Rasululah SAW diundang masuk ke rumah salah seorang kaum dan beliau mendatangi undangan itu. Di kala lainya, kaum nan lain mengundangnya dan beliau tak mendatanginya. Ketika ditanyakan kepada beliau apa sebabnya beliau tak mendatangi undangan nan kedua, beliau bersabda,

"Di rumah nan kedua ada anjing sedangkan di rumah nan pertama hanya ada kucing. Dan kucing itu itu tak najis." (HR Al-Hakim dan Ad-Daruquthuny).

Dari hadits ini dapat dipahami bahwa kucing itu tak najis, sedangkan anjing itu najis. Lihat kitab Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halaman 78, kitab Kasy-syaaf Al-Qanna` jilid 1 halaman 208 dan kitab Al-Mughni jilid 1 halaman 52.

Demikian kajian sekilas tentang hukum memelihara anjing dan anggaran dalam memeliharanya. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

Umum

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy