Bagaimana Caranya Selalu Positif Thinking?

Bagaimana Caranya Selalu Positif Thinking?

Assalamualaikum,

Pak ustadz terimakasih sebelumnya atas kesempatannya. Begini, aku sebenarnya termasuk orang nan ceria (menurut kebanyakan teman2). Tapi sebenarnya aku merasa kesepian dan tak merasa terlalu dekat dengan temana aku nan mana saja. Mungkin aku memiliki sikap apatis (meski aku juga kurang mengerti apatis itu sebenarnya apa). Tapi nan aku sering rasakan ialah aku sering berkomentar negatif tentang suatu hal atau kejadian. ini terbukti dengan jarangnya aku mengikuti suatu organisasi. Karena aku menilai hal tersebut kurang krusial dan organisasi tersebut hanya memandang nan ‘teman’ saja. Di luar lingkungan mereka, mereka kurang menerima. Saya juga merasa bahwa dalam diri aku ini terlalu banyak ‘hawa’ negatif daripada ‘hawa’ positif. Dan sungguh hal ini sangat menyiksa saya. Sekarang aku hanya percaya diri dan ‘rame’ hanya di lingkungan terdekat dan keluarga saja. Beberapa waktu lalu, aku banyak gagal ketika melamar pekerjaan. Saya mohon donasi saran

1. Bagaimana agar aku lebih percaya diri dengan kemampuan aku sendiri?

2. Saya sangat ingin memiliki sifat positif, berpendirian, dan bersahaja.

Terimaksih banyak atas jawaban nan akan diberikan

Semoga Allah merahmati pak ustad dan kita semua. Amin

Ananda Nh, rasa percaya diri akan tumbuh bila kita bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan nan kita miliki serta konfiden dengan kemapuan nan dimiliki.

Rasa percaya diri ialah salah satu bagian dari karakteristik agar kita selalu berpikir positif. Adapun karakteristik lainnya adalah

- Lihatlah Masalah dengan objektif sebagai sebuah tnntangan. Artinya bahwa jangan menghindar dari sebuah masalah tetapi hadapilah dengan penuh semangat nan membara. Sesegera mungkin atasi masalah tersebut tanpa ditunda. Dan jangan pernah mencari penyebab di luar masalah dan Anggaplah kesalahan sebagai motivasi unuk lebih baik.

- Syukuri dan nikmati hayati ini sebagai sebuah kenikmatan nan Allah SWT berikan pada kita dengan menyempatkan diri melakukan hal-hal kecil nan bermakna. Serta tinggalkan kenangan lalu nan telah terjadi.

- Jangan takut dengan kritik. Anggap kritik sebagai sebuah solusi lain buat melakukan hal nan lebih baik. Terbukalah terhadap saran dan ide orang lain serta bisa menerima orang lain dengan segala kekurangannya

- Terbuka dengan hal-hal nan baru. Lihatlah setiap permasalahan dengan objektif dan penuh pertimbangan nan baik.

- Jauhkan segala macam berpretensi jelek dan pikiran-pikiran negatif nan menghampiri. Bersikap tenanglah dan pisahkan rasa emosial kita dalam memandang permasalahan.

- Selalu dalam koridor problem solving (pemecahan masalah). Libatkan diri secara penuh inisiatif dan kreatif serta selalu ber bahasa positif. Contoh bahasa positif seperti; aku bisa, aku mampu, aku akan dan sebagainya.

- Di samping itu juga dukunglah berbahasa postif dengan bahasa tubuh nan postif pula. Seperti selalu tersenyum, intonasi teratur, enerjik, antusias dan sebagainya saat kita berinteraksi dengan orang lain.

wallahu’alam

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy