Berbohong Atas Nama Rasulullah ialah Layak Menjadi Penghuni Neraka

Berbohong Atas Nama Rasulullah ialah Layak Menjadi Penghuni Neraka

Dari Ali Bin Abi Thalib r.a. dia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda,” Jangan berbohong terhadapku. Sesungguhnya barang siapa nan berbohong terhadapku  akan masuk neraka” (HR Bukhari , Muslim dan Tirmidzi)

سنن الدارمي ٢٣٣:  أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Sunan Darimi meriwayatkan , telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Isa telah menceritakan kepada kami Husyaim telah mengabarkan kepada kami Abu Az Zubair dari Jabir ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa nan berbohong dengan sengaja atas namaku, hendaknya ia persiapkan loka duduknya dari barah neraka”.

Dari salamah bin Al Akwa’r.a. : bahwa Rasulullah saw bersabda, “ Barang siapa nan berkata atas namaku terhadap apa nan tak pernah saya katakan maka dia akan masuk neraka “ (HR Bukhari)

سنن الترمذي ٢٥٨٣: حَدَّثَنَا أَبُو هِشَامٍ الرِّفَاعِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ حَدَّثَنَا عَاصِمٌ عَنْ زِرٍّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Sunan Tirmidzi meriwayatkan, telah menceritakan kepada kami Abu Hisyam ar Rifa’i telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin ‘Ayyasy telah menceritakan kepada kami Hasyim dari Zirr dari Abdullah bin Mas’ud dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa nan berbohong kepadaku dengan sengaja maka hendaklah mempersiapkan loka duduknya di neraka.”

Dari Mughirah bin Syu’bah , dia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda,” Sesungguhnya berbohong dengan atas namaku tak seperti berbohong terhadap orang lain. Barang siapa nan berbohong atas nama saya dengan sengaja maka akan masuk  neraka (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Abdulllah bin Zubair dari ayahnya, Zubair bin Awwam r.a. dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,” Barang siapa nan berbohong atas namaku maka akan masuk neraka (HR Bukhari dan Abu Daud)

Berbohong atas nama Rasulullah Saw sangat berbahaya terhadap agama Allah SWT. Padahal, Rasulullah SaW tak berkata atas dasar hawa nafsu, melainkan dengan wahyu dari Allah SWT. Barang siapa nan berbohong terhadap Rasululah SAW seakan –akan dia berbohong terhadap Allah SWT. Banyak sekali orang nan berlaku berbohong terhadap Rasulullah SAW seakan-akan dia telah berbohong terhadap Allah SWT. Banyak sekali orang nan berlaku dusta terhadap Rasulullah Saw dalam sejarah perjalanan ummat Islam dengan tujuan duniawi, memberikan motif eksklusif atau buat melaksanakan keinginan dan ambisi.

Namun, Allah memberikan anugrah kepada umat ini dengan adanya ulama nan mampu membuka dan menerangkan setiap hadis nan palsu dan dusta nan dinisbatkan  kepada Rasulullah Saw. Demikian juga, Allah telah menganugrahkan kepada ummat ini para ulama nan mampu  menerangkan hadis shahih dari hadis hasan, dhaif dan dhaif sekali. Semua ini ialah anugrah nan besar dari Allah terhadap ummat Muhammad. Sesungguhnya Allah menjaga kitab Al Qur’an , menjaga agama ini dan menjaga hadis nan mulia ini dengan segala kekuasaaan-Nya.

Mahir Ash Shufiy

Hadits

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy