Bingung Dan Takut Usaha

Bingung Dan Takut Usaha

Asalamu’alaikum pak Valen,

Saya seorang pekerja di suatu perusahaan Astra, aku ingin sekali membuka usaha atau berwiraswasta seperti jualan nasi goreng dan ayam goreng, tetapi dengan kondisi kerja aku nan full time, aku sangat sulit sekali mewujudkannya, ketika aku tanya ke istri, istri aku pun masih takut dan ragu akan usaha ini, nan aku ingin tanyakan adalah:

  1. Bagaimana cara mewujudkan impian diatas tanpa harus mengorbankan pekerjaan saya?
  2. Bagaimana cara meyakinkan istri agar dia dapat membantu buka usaha tersebut?
  3. Bagaimana caranya agar orang lain mau mengajarkan cara masak-memasaknya kepada aku (karena ada penjual nasi goreng nan aku rasa cukup enak dan aku mau belajar dari dia)

Mohon diberi saran dan nasihat, atas bantuannya aku ucapkan terima kasih.

wassalam.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Mas Dede nan dirahmati Allah…..Sangat sulit sekali bagi Anda buat membuka usaha sendiri dengan kondisi bekerja nan masih full time, salah satu solusinya ya istri Anda nan menjalankannya. Masalahnya ia masih ragu. Itu wajar ! sebab selama ini istri bapak belum pernah melakukannya dan belum terbiasa. Untuk itu diperlukan pengkondisian. Caranya? Pertama ajak dia ke seminar2 tentang bisnis dan entrepreneur. Kedua berikan dia buku2 tentang bisnis, rekomendasi aku tentu saja buku ke 8 sy JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN jild 2 – buku ini Insya Allah mewakili semua buku2 ttg bisnis dan self help serta teknis bisnis nan ada sebab buku ini berupa kembang rampai bisnis. Ketiga ajak dia ke restoran atau rumah makan nan PERSIS akan bapak buka. Ajak omong pemiliknya, tanya omzet dan profitnya, bagaimana memulainya. Saya konfiden kalau bapak dan ibu lakukan ini kepala dan dada Anda akan panas dan ingin cepat2 buka usaha.

Sampai langkah ihi Insya Allah keragu-raguan bapak berdua akan segera hilang, mengingat omzet, prospek serta laba nan ditawarkan usaha ini tergolong fantasik dan menggiurkan.

Langkah selanjutnya ialah mulai melihat2 ruko atau loka nan akan dijadikan restoran atau loka usaha tsb. Pilih lokasi nan ramai dekat dengan kantor, perumahan, sekolah, keramaian….dan TAWAR saja harganya. Ingat menawar tidakj perlu KELUAR DUIT kan..

Langkah selanjutnya mencari orang nan pakar memasak. Ingat buat membuka restoran Anda tak perlu jadi kokinya. Cari orang nan pakar dan tawaekan dia buat bekerjasama atau Anda gaji setiap bulannya. Sebagai contohm setelah Anda konfiden bahwa usaha tersebut akan maju dan untung, Anda dapat membujuk penjual nasi goreng diatas dengan menawarkan tawaran nan tidak mungkin ditolaknya. Caranya? Pertama Anda tanya berapa laba higienis dia sebulan dengan menjual nasi goreng. Katakan bersihnya 1 juta. Anda tawarkan dia 1,5 juta (Tapi Anda harus konfiden bahwa untung Anda akan lebih besar dari semua biaya operasional). Dia niscaya tak akan menolaknya sebab penghasilannya kini niscaya naik. Lalu bagaimana kalau penghasilan bersihnya di 5 juta? Ngak mungkin kan Anda menggaji dia 10 juta! Dapat bangkrut heee hee. Lalu bagaimana strateginya. Ajak dia kerjasama bagi hasil. Anda harus dapat MEYAKINKAN koki tadi bahwa dengan bergabung dengan Anda penghasilan nan akan dia bawa pulang akan lebih besar dari nan sekarang. Kalau dia menolak jugam, katakan bahwa dia tak perlu menutup usahanya nan disana, tapi buka cabang di loka Anda. Kalau masih menolak juga? Anda cari seseorang nan pintar masak dan suruh kursus kepada tukang nasi goreng tadim ya tentu saja Anda tak dapat membayar tukang nasi goreng nan Anda bilang enak tadi dengan harga 100 ribu (kalau dia mau ya bagus). Kalau tak mau? Anda bilang saja,"Pak ajari aku binin nasi goreng, nanti aku kasih TV baru!" Saya konfiden tawaran itu sulit ditolak. Selanjutnya setelah belajar Anda berikan dia TV 17" nan harganya sekitar 500 ribuan nan banyak dijual di Carefour atau Giant.

Semoga Bermanfaat.
Belajar Lagi Lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di dan dan )

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy