Bukan Follower Lady Gaga

Bukan Follower Lady Gaga

Siapa nan tidak kenal dengan Lady Gaga? Sueerr, aku tidak kenal ! Paras lady Gaga, maupun lagu-lagunya sungguh aku tak tahu. Saya hanya tahu kalau Lady Gaga ialah seorang penyanyi. Itu saja.

Itupun aku baca sekilas dari headline sebuah media massa. Judul headline lain nan juga pernah aku baca yaitu,“Lady Gaga pemakai narkoba” Saya pun tidak tetarik buat membaca warta selengkapnya. Bukan warta baru, pikir saya. Sudah biasa kan seniman memakai narkoba?

Nonton acara infotainment tentang selebritis juga nggak minat. Kalau kata ustadzah saya, “nggak rugi koq kalau kita nggak tahu global selebrtis.” Bener banget, mendingan waktunya dipakai buat hal lain nan lebih bermanfaat, misalnya buat membaca buku islami, dijamin menambah ilmu dan juga mencerahkan jiwa.

Nah, ceritanya tadi malam, saat menikmati makan malam sambil menonton siaran warta di televisi, ternyata ada warta tentang Lady Gaga. Penyiar memberitakan bahwa sang Superstar, Lady Gaga, memiliki follower terbanyak dalam situs twitter! Jumlah Follower-nya mencapai ribuan! ( aku lupa angka persisnya, kalau tidak salah 4000 follower). Fakta lainnya, jumlah penonton video Lady Gaga di situs "YouTube"pun menembus rekor terbanyak, hingga mencapai 3 milliar penonton!! Wahh, dahsyat sekali ya Lady Gaga ini, jadi penasaran saya. Saya terus menyimak beritanya. Di akhir warta penonton pun disuguhkan video clip sang superstar.

Dan tampillah seorang wanita dengan hanya memakai baju dalam nan teramat sangat minim, meliuk-liuk tidak keruan, diiringi suara musik nan menghentak-hentak. Melihatnya hati aku ikut tersentak . Inikah sang idola itu? Diakah nan telah mencuri perhatian tigamiliar manusia? Lalu apa sih isi lagunya ? Saya catat petikan lirik lagunya nan berjudul “Born This Way"… “No matter gay, straight, or bi Lesbian, transgendered Life… I’m on the right track, baby I was born to survive.” Astaghfirullah….

Hati aku kemudian bertanya-tanya cemas, adakah saudara-saudaraku telah menjadi follower-nya? mengakses videonya ? Ridhakah hati kita saat melihat gaya berpakaiannya, liukan tariannya? Setujukah kita dengan “dakwah” dalam lagunya?

Ah, kecemasan aku makin bertambah-tambah ketika mengingat banyak dari kita nan masih “silau”dan terpesona dengan budaya Barat. Apa nan dibawa oleh Barat dianggap keren, berkelas, modern… Produk Barat (fashion, film, lagu, musik dll) kita terima dengan tangan terbuka lebar…

Yang tak mengikuti budaya Barat dianggap katro, nggak gaul, ketinggalan jaman… Ajaran Islam semakin dipinggirkan. Miris hati ini ketika mendengar seorangkawan berkata "Memakai hijab itu kampungan.” Astaghfirullah…

Maka aku bertanya, siapakah sebenarnya nan telah membangun peradaban manusia? Siapakah nan telah mengeluarkan manusia dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya iman? Bukankah Islam? Lantas mengapa sekarang budaya jahiliyah malah dianggap modern, sedangkan ajaran Islam dianggap terbelakang? Bukankah aneh pemikiran seperti ini?

Agama Islam tak melarang hiburan, tentu saja hiburan nan tak melenceng dari agama. Rasulullah bahkan mendorong warga di Madinah buat selalu riang gembira. Rasulullah bersabda, “ Hiburlah dirimu dan bermainlah, karena saya tak suka melihat dalam agamamu ada kekerasan dan kekasaran.” (H.R al-Baihaqi). Beliau juga pernah membiarkan Aisyah r.a menyaksikan pertunjukan orang-orang Abisinia nan tampil di Mesjid.

Hati-hati Saudaraku, jangan salah pilih idola nan kemudian dapat menggerus iman kita! Sebagai ummat Nabi Muhammad Saw, sebagai pengikut Nabi Muhammad Saw, sudah seharusnya nan menjadi idola kita ialah Rasulullah Saw. Allah Swt berfirman, ”Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan nan baik bagimu (yaitu) bagi orang nan mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari Kiamat dan nan banyak mengingat Allah. (Q.S Al-Ahzab[33]: 21

Islam pun memiliki banyak figur nan sangat pantas kita jadikan idola, para sahabat r.a, misalnya. Dari kaum wanita tak sedikit nan dapat kita jadikanteladan seperti Siti Hajar, Khadijah, Aisyah, Fathimah, dan masih banyak lagi. Rasulullah Saw bersabda, “Semulia-mulia wanita di surga ialah Khadijah binti khuwalid (istri nabi Muhammad Saw), Fathimah binti Muhammad, Maryam binti Imran (ibunda nabi Isa as.) dan Asiah binti Muzahim (istri Fir’aun).” (H.R ath-Thabari)

Jika kita membaca dan menyelami sirah Nabi Muhammad Saw, para sahabat r.a, dan para ummul mukminin, pasti akan kita temukan mutiara latif tiada tara! Betapa luar biasa perjuangan dan pengorbanan mereka demi lajunya dakwah Islam, sehingga Islam dapat sampai kepada kita. Membaca sirah mereka sungguh memotivasi diri , memacu kita, membulatkan tekad kita buat semakin bersungguh-sungguh berpegang pada agama Allah.

Temukan idola kita di global Islam! Marilah kita teladani estetika akhlak Rasulullah, keberanian para sahabat, ketabahan Siti hajjar, kesetiaan Khadijah, kecerdasan Aisyah, keteguhan Fathimah!

Terakhir, aku bertanya-tanya apakah ada nan dapat kita teladani dari Lady Gaga?

Wallahua’lam bish-shawaab.

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy