Cara Turunkan Berat Badan

Cara Turunkan Berat Badan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

dr. Agus Rahmadi ?
Saya mau tanya, bagaimana cara menurunkan berat badan nan efektif dan tak membahayakan ? usia aku 28 th berat badan 75 Kg,  tinggi badan 165 cm. Apakah aku termasuk obesitas ? aku sudah minum jamu peluruh lemak, olah raga juga rajin, namun sampe sekarang belum  ada hasilnya, apa nan salah ? terus apakah banyak minum air putih dapat mengakibatkan kegemukan ? demikian pertanyaan dari aku atas jawabannya disampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sdr Jo nan berbahagia, dengan tinngi badan 165 cm dan berat badan 75 Kg Anda termasuk kategori pre obesitas. Untuk mendapatkan berat badan Anda mencapai kategori ideal dibutuhkan penurunan sebeasr 6 – 7 Kg.

Terjadinya obesitas melibatkan beberapa faktor:

1. Faktor genetik.
Obesitas cenderung diturunkan, sehingga diduga memiliki penyebab genetik. Tetapi anggota keluarga tak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan Norma gaya hidup, nan dapat mendorong terjadinya obesitas.
Seringkali sulit buat memisahkan faktor gaya hayati dengan faktor genetik.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.

2. Faktor lingkungan.
Gen merupakan faktor nan krusial dalam berbagai kasus obesitas, tetapi lingkungan seseorang juga memegang peranan nan cukup berarti. Lingkungan ini termasuk perilaku/pola gaya hayati (misalnya apa nan dimakan dan berapa kali seseorang makan serta bagaimana aktivitasnya).
Seseorang tentu saja tak bisa mengubah pola genetiknya, tetapi dia bisa mengubah pola makan dan aktivitasnya.

3. Faktor psikis.
Apa nan ada di dalam pikiran seseorang dapat mempengaruhi Norma makannya.
Banyak orang nan memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan.

Salah satu bentuk gangguan emosi ialah persepsi diri nan negatif. Gangguan ini merupakan masalah nan serius pada banyak wanita muda nan menderita obesitas, dan dapat menimbulkan pencerahan nan hiperbola tentang kegemukannya serta rasa tak nyaman dalam pergaulan sosial.

Ada dua pola makan abnormal nan dapat menjadi penyebab obesitas yaitu makan dalam jumlah sangat banyak (binge) dan makan di malam hari (sindroma makan pada malam hari).
Kedua pola makan ini biasanya dipicu oleh stres dan kekecewaan. Binge mirip dengan bulimia nervosa, dimana seseorang makan dalam jumlah sangat banyak, bedanya pada binge hal ini tak diikuti dengan memuntahkan kembali apa nan telah dimakan. Sebagai akibatnya kalori nan dikonsumsi sangat banyak.
Pada sindroma makan pada malam hari, ialah berkurangnya nafsu makan di pagi hari dan diikuti dengan makan nan berlebihan, agitasi dan tidak bisa tidur pada malam hari.

4. Faktor kesehatan.
Beberapa penyakit dapat menyebabkan obesitas, diantaranya:
– Hipotiroidisme
– Sindroma Cushing
– Sindroma Prader-Willi
– Beberapa kelainan saraf nan dapat menyebabkan seseorang banyak makan.

5. Obat-obatan.
Obat-obat eksklusif (misalnya steroid dan beberapa anti-depresi) dapat menyebabkan penambahan berat badan.

6. Faktor perkembangan.
Penambahan ukuran atau jumlah sel-sel lemak (atau keduanya) menyebabkan bertambahnya jumlah lemak nan disimpan dalam tubuh.
Penderita obesitas, terutama nan menjadi gemuk pada masa kanak-kanak, dapat memiliki sel lemak sampak 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang nan berat badannya normal.
Jumlah sel-sel lemak tak bisa dikurangi, sebab itu penurunan berat badan hanya bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah lemak di dalam setiap sel.

7. Aktivitas fisik.
Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab primer dari meningkatnya angka kejadian obesitas di tengah masyarakat nan makmur.
Orang-orang nan tak aktif memerlukan lebih sedikit kalori. Seseorang nan cenderung mengkonsumsi makanan kaya lemak dan tak melakukan aktivitas fisik nan seimbang, akan mengalami obesitas.

Cara menurunkan berat badan.

* Selalu bersyukur dan ihlas menerima setiap keadaan nan telah Alloh berikan kepada kita, termasuk jika kita mengalami obesitas. Karena jika penderita obesitas terlalu memikirkan masalah obesitasnya maka akan sulit buat diatasi, tetapi jika ihlas dan disertai dengan usaha buat mengurangi berat badan insyaalloh akan mendapatkan hasil nan optimal.
* Rutinkan puasa sunnah senin kamis.
* Olahraga teratur
* Perbanyak makan buah, sayur dan makanan nan berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai.
* Menghindari makan nasi pada waktu malam hari.
* Stop Merokok
* Hentikan konsumsi alkohol.

* Mengkonsumsi herbal nan berfungsi mengurangi berat badan dan membakar lemak atau mengurangi kolesterol, seperti daun jati belanda, pegagan dan kemuning.

Allohu’alam bisshowab.

Wassalam.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy