Desain Rumah Idaman di Huma 160 M2

Desain Rumah Idaman di Huma 160 M2

Assalamu’alaikum Wr. Wb….

Bapak Ir. Aria ( nama bapak seperti nama anak kami, umur 7 th ). Kami memiliki tanah 160 m dengan ukuran Lebar 7.75 panjang 20.6. Di samping kiri Mushola dan di dalam area tanah tepatnya pojok kanan depan terdapat tiang listrik. Kami menginginkan rumah 1 lantai nan terkesan luas dan tak banyak sekatan, taman dan carpot lebih rendah dari ruangan nan lain. Ruangan nan aku inginkan :

Taman Depan ( samping kanan sebab ada tiang listrik )
Carport
Teras
Ruang Tamu
Ruang Keluarga
Ruang Makan
Dapur
Kamar Primer dengan kamar mandi di dalam
2 Kamar Anak
Kamar Pembantu
Kamar Mandi
Taman Belakang, loka cuci dan jemur

Pak Aria…. keuangan kami belum memungkinkan buat membangun sekaligus, bagaimana caranya supaya kami dapat memiliki rumah seperti nan kami inginkan dengan cara membangun secara bertahap. Mohon donasi dan saran dari bapak. Atas donasi bapak kami ucapkan Jazakallah khair…….

Wassalamu’alaikum Wr.Wb….

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Ibu Mulyati, bagaimana kabar ibu ? mudah-mudahan bi khair dan selalu dalam rahmat Allah SWT. Maafkan aku sebab harus menunggu lama, sebab banyaknya saudara-saudara kita nan juga antri buat menanyakan permasalahan seputar desain rumah. Dan Alhamdulillah, aku juga bersyukur pada Allah sebab masih diberikan kesempatan buat membantu mencari jalan keluar bagi ibu dan saudara-saudara kita nan lain sehingga bisa mewujudkan rumah idamannya,… tentunya dengan segala keterbatasan aku sebagai manusia.

Wah, nama anak ibu mirip seperti nama saya, ya…mudah-mudahan Allah memberikan kecerdasan dan akhlak nan baik serta iman nan kuat sehingga kelak bermanfaat bagi orang tua bangsa dan negara….amiin ya robbal aalamin.

Ibu…, tanah 160 M nan ibu miliki sudah sangat cukup memadai dan harus disyukuri sebab ruang-ruang di dalamnya menjadi cukup luas dan nyaman.

Jarak bangunan aku untuk 5 m dari jalan sehingga halaman depan cukup luas buat dimanfaatkan sebagai carport, jalan masuk dan taman hijau. Lantai teras dan rumah dinaikkan 20 cm dari halaman depan agar ada disparitas ketinggian. Jika pintu masuk dibuka akan didapati ruang antara nan biasa disebut foyer ..agar isi rumah tak terlihat langsung dari jalan. Pada foyer ini ibu bisa meletakkan credenza atau meja pajang dengan vas kembang tinggi di atasnya, atau dapat juga dengan lukisan kaligrafi nan digantung pada dinding nan berhadapan dengan pintu masuk. Dari foyer, sirkulasi diarahkan ke kiri menuju ruang tamu berukuran 2.5 m x 3 m. Di ruang tamu nan mungil ini ibu bisa melengkapinya dengan 1 unit sofa 2 seater dan 1unit sofa 1 seater serta meja kopi kecil, agar ruangan tak terlalu padat. Lepas dari ruang tamu,.. sebab rumah ibu cukup panjang, maka tak langsung ditemui ruang keluarga seperti pada umumnya, tapi lebih dulu melewati ruang antara nan bisa difungsikan sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Ruang antara ini juga berfungsi buat menghubungkan 2 ruang tidur anak berukuran 3 m x 3 m dan kamar mandi di sisi kanan, ruang servis di sisi kiri serta ruang makan di sisi belakang. Ruang servis nan terdiri diri kamar tidur pembantu, kamar mandi pembantu serta area cuci dan jemur juga dapat langsung diakses dari halaman depan melalui jalan kecil di samping kiri bangunan.

Dapur ada sisi kiri ruang makan dan memiliki snack bar  yang terbuka kearah ruang keluarga. Dari ruang makan ini ibu dapat menikmati taman kecil berukuran 2 m x 2.5 m nan dapat didesain sinkron selera ibu.

Jika ibu ingin membangun rumah secara bertahap, saran aku termin pertama sebaiknya hingga mencapai batas ruang makan ini sebab kebutuhan ruang minimal sudah terpenuhi. Residu huma seluas 42,6 m sementara bisa dimanfaatkan buat taman belakang.

Nah jika kondisi keuangan sudah membaik, Anda bisa melanjutkan dengan menambah ruang keluarga seluas 3.5 m x 4.75 m, dan ruang tidur primer seluas 3 m x 4 m dengan kamar mandi dalam berukuran 1.5 m x 3 m, serta taman belakang. Ibu juga bisa mengatur interior ruang keluarga nan nyaman dan menyatu dengan taman belakang nan apik.

Alhamdulillah, selesailah desain tata ruang rumah ibu, kini giliran kita mengatur tampilan bangunan agar terlihat menarik. Kelompok ruang di sisi kiri dan sisi kanan dilihat dari tampak muka seolah-olah dipisahkan dengan jeda selebar 1 m. Dua kelompok ruang ini memiliki atap miring nan terpisah dan disatukan oleh atap datar nan menutupi ruang antara. Bukan sekedar hanya tampil beda, tapi dengan adanya ruang antara ini ibu bisa membuat lubang-lubang jendela pada 2 sisi dinding nan posisinya berada tepat di tengah-tengah bangunan. Dengan denah nan memanjang ke belakang, jendela ini sangat membantu menyalurkan cahaya dan udara ke dalam ruang tengah nan sisi-sisinya tak ada bukaan, sehingga ruangan terasa sejuk dan sehat. Tentunya agar ide desain ini menjadi optimal, sebaiknya plafond juga mengikuti kemiringan atap sehingga lubang-lubang jendela tersebut bisa langsung memasukkan cahaya dan udara ke dalam ruangan tanpa terhalang oleh plafond.

Tampilan bangunan juga semakin terlihat modern dengan adanya canopy gantung nan menerus di atas teras, jalan masuk hingga pagar depan. Ibu bisa melebarkan canopy ini hingga kearah carport jika ingin kendaraan terlindungi dari panas dan hujan. Canopy ini ditopang oleh 2 buah kolom berukuran 30 cm x 30 cm dengan konstruksi baja canal nan ditarik 2 buah kabel baja. Penutupnya dapat menggunakan kaca tebal atau polycarbonate.

Demikianlah ibu Mulyati, semoga ide-ide ini dapat menjadi inspirasi buat mewujudkan rumah idaman ibu dan keluarga. Doa kan aku agar tetap diberi kekuatan buat bisa terus membantu saudara-saudara kita nan lain, sehingga amanah ilmu nan Allah berikan pada aku dapat dipertanggungjawabkan di sisi Nya….

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy