Harus Kah Dinikahkan?

Harus Kah Dinikahkan?

Assalamu’alaikum Wr Wb…

Ustadz…saya mo bertanya, apakah sahih kalo orang nan pernah melakukan interaksi suami-isteri harus segera dinikahkan? Terus apakah salah apabila orang nan melakukannya tersebut tak dinikahkan, dengan alasan keluarganya tak setuju.

Salah seorang teman aku melakukan hal tersebut, dia menceritakan hal tersebut kpd saya, yangmo aku tanyakan, apakah aku salah jika aku menutupi aib teman aku itu, krn keluarga tmn sy itu suka tanya-tanya ttg tmn aku kpd saya. Sebelumnya aku ucapkan terima kasih atas jawabnnya.

Wass…

Saudari Isye nan aku hormati, segala sesuatu nan kita perbuat tentulah kita harus siap buat mempertanggung jawabkannya.Apalagi mengenai perbuatan nan masuk dalam kategori dosa besar, rasa tanggung jawab ialah meruapakan bagian krusial buat kita bertaubat, memohon ampun pada Allah SWT dan tak mengulanginya lagi.

Menikah ialah bagian dari tanggung jawab tersebut. Dan dalam rangka menjaga keturunan dan keluarga kelak tentulah pernikahan keduanya perlu dilakukan. Adapun penolakan atau ketidaksetujuan keluarga ialah sebuah resiko nan harus berani dihadapi sebagaimana ia berani memutuskan buat melakukan interaksi suami isteri sebelum mereka resmi sebagai suami isteri.

Utarakan dengan sejujurnya permasalahan tersebut sebab bila ditutupi justru berakibat nan tak baik. Imbas nan ditimbulkannyapun akan bisa menyebar kepada orang lain. Misalnya bagaimana bila akhirnya ia menikah dengan orang lain, dan pasangannya tersebut mengetahui bahwa ia sudah berzina sebelumnya? Bagaimana akibat psikologis ketika ia membangun rumah tangga? Dan tentulah masih banyak ekor pemasalahannya nan menyertainya.

Sebagai teman tentulah Anda harus bersikap bijak dan memandang jauh lebih jernih darinya. Anda harus menjadi bagian dari solusinya bukan bagian buat memendam persoalan tersbut. Tidak ada salahnya Anda ikut membantunya agar keluarganya bisa mengerti dan memahami persoalan tersebut sehingga mereka bisa melangsungkan pernikahannya.
Jangan lupa buat memberikan nasehat kepada teman Anda tersbut buat bertaubat dan menyesali perbuatannya dengan lebih intensif melakukan ibadah dan melakukan amal sholeh lainnya, sehingga dosanya bisa diampuni Allah SWT dan pernikahannya pun terlaksana dan mendapatkan keberkahan dalam membangu rumah tangganya.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy