Haruskah Berhenti Kuliah?

Haruskah Berhenti Kuliah?

Assalamu’alaikum

Saya sekarang kuliah di salahsatu universitas di Bandung. Saya sekarang menginjak taraf 5, tapi semenjak dulu aku tidakterlalu minat buat kuliah. Sejak SMA aku sudah punya bisnis berdikari nan dirintis bersama teman-teman di lingkungan rumah.

Dari bisnis nan kami rintis ini, aku sudah dapat membiayai hayati aku sendiri. Bisnis itu aku sendiri nan mengkoordinir. Awalnya aku kuliah agar mendapatkan titel, dan aku tertarik dengan organisasi kampus nan sangat dinamis. Namun, sudah hampir 2 tahun, nilai aku sangat jatuh sebab aku banyak fokus buat bisnis berdikari saya. Sempat terpikir buat berhenti kuliah saja, dan betul-betul fokus ke pekerjaan. Bagaimana pandangan Bapak? Terimakasih sebelumnya. Wassalam

Ananda El di Bandung.

Belajar sambil bekerja memang membutuhkan perhatiaan dan keseriusan nan ekstra. Karena keduanya harus ditangani dengan serius dan tak bila ingin mendapatkan hasil maksimal tentulah tak dapat sambil lalu.

Bukan hanya tenaga dan pikiran nan perlu dicurahkan, waktu pun harus selalu siap buat mengerjakan dua kegiatan itu sekaligus.

Namun bila kita pandai dalam pengaturannya, kedua bidang ini bisa berjalan beriringan dengan hasil nan diharapkan.

Coba berpikir jernih. Benarkah sebab bisnis, kuliah Anda terbengkalai atau sebab hal-hal lain? Buatlah analisa, kelebihan dan kerugiannya bila kuliah ataupun bekerja Anda tinggalkan dan adakah hal-hal nan dapat diperbaikinya?

Sebenarnya bila kita pandai dalam pengaturannya, kedua bidang ini bisa berjalan beriringan dengan hasil nan diharapkan. Aturlah waktu Anda. buatlah lembar kerja harian nan mengakomodir setiap tugas Anda, pilahlah dengan kuadran waktu apakah penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tak penting-mendesak, tak penting-tidak mendesak

Misalkan. dikarenakan bisnis tersebut, Anda tak fokus buat kuliah, maka apakah bisnis tersebut dapat berjalan tanpa Anda? Bila ya, segera delegasikan tugas-tugas bisnis Anda kepada nan Anda percayai. Anda tak terjun langsung menangani bisnis tersebut namun hanya memonitor secara berkala hingga kuliah Anda selesai.

Semoga bermanfaat

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy