Keberanian Anak

Keberanian Anak

Assalamu’alaikum Ibu…

Saya memiliki putera nan usianya sekarang 4 tahun 3 bulan dan sekarang duduk di bangku TK.A sejak dia masuk sekolah dia memang agak rewel buat masuk kelas, aku rasa ini wajar sebab dia belum pernah merasakan sama sekali nan namanya bersekolah dan bersosialisasi dengan lingkungan luar. Setelah seminggu sekolah berjalan normal dan dia mulai berani bersekolah dan merasa fun jika saat sekolah tiba. Tetapi entah mengapa 3 hari terakhir kejadian itu terulang lagi, 2 hari dia selalu menangis ketika mau masuk kelas, tapi kata ibu gurunya tak berlangsung lama dan akhirnya mau belajar. Puncaknya hari ini ibu, dia sudah berpakaian seragam tetapi ngotot tak mau sekolah dan menangis. Yang menjadi pertanyaan aku kira-kira ada apa ya bu dengan putera saya??? dan bagaimana cara mengatasinya.

Terima kasih.

Yeni

Jawaban :

Assalammu’alaikum Wr. Wb.,

Bu Yeni nan dimuliakan ALLOH, waduh bu, mudahan-mudahan anak ibu sudah berani masuk sekolah ya, ketika email ini dibaca ibu.

Bu, sebaiknya ibu tidur berpelukan dengan sang anak lalu ibu cerita-cerita dan ibu kemudian minta si anak bercerita, biasakan membangun komunikasi dengan anak secara terbuka dan berikan rasa nyaman dan tentram pada dirinya bahwa ibu tak marah dan sang anak dapat cerita apa saja.

Dugaan aku selama ini : bullying bu nan dilakukan anak lain, seperti mengejek, marahin anak kita, mencubit diam-diam, memusuhi, dan mengajak kawan-kawan lain menghina anak kita, atau menginjak kaki anak kita tanpa sepengetahuan gurunya dan biasanya ketika anak kita diam saja, maka besoknya akan di-buly lagi. Mungkin hal ini nan membuat dia tak nyaman disekolah, tapi tak tahu bagaimana menceritakannya dan juga tak tahu kepada siapa harus bercerita.

Jadi saran saya, ibu sebaiknya dekati anak ibu dan berikan rasa nyaman padanya buat berkomunikasi dengan ibu, dan buat anak dibawah 10 tahun, sebaiknya ibu ajak berkomunikasi dengan memeluk dan terus melindunginya. Insya ALLOH semua masalah akan segera bisa diselesaikan. Tidak dapat dipaksa bu, ajak bicara saja, Insya ALLOH sukses ya bu.

Wassalammu’alaikum.

(note: maaf, bu jawabannya kalau terlalu lama sampai ke ibu,semoga saat ini anak ibu sudah nyaman bersekolah, salam sayang).

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy