Keberkahan Istighfar

Keberkahan Istighfar

Apa nan dipersepsikan manusia tentang manfaat istighfar? Banyak di antara manusia mengira bahwa istighfar hanyalah sebuah permohonan ampun dan pengakuan atas laku dosa nan pernah diperbuat.Padahal, ada imbas lain nan dimiliki oleh istighfar. Tapi, hal ini sering kali dialpakan banyak manusia. Cobalah minta kepada manusia buat menyebut nama Allah SWT, Arrazzaq, misalnya, nan berarti Dia Yang Maha Memberi Rezeki.Kemudian minta sekali lagi kepada manusia nan sama buat beristighfar. Maka, manakah di antara dua kebaikan ini nan lebih ia suka?

Banyak di antara manusia nan rupanya lebih menyukai menyebut nama Allah SWT, Arrazzaq, dibandingkan beristighfar. Itu mereka lakukan karena mereka berharap rezeki berlimpah dari Allah SWT.Seandainya mereka tahu, dengan melazimkan istighfar, tak hanya mereka nan akan mendapat ampunan Allah SWT. Mereka juga bakal mendapatkan banyak sekali keberkahan disebabkan istighfar nan mereka lakukan.

Dalam QS Nuh [71]: 10-13, Allah SWT berfirman, ”Maka, saya katakan kepada mereka, ‘Beristighfarlah kalian (mohonlah ampun kepada Tuhanmu) sesungguhnya Dia ialah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Mengapa kamu tak percaya akan kebesaran Allah?”Tidakkah kita perhatikan dalam ayat ini bahwa istighfar tidak hanya akan mendatangkan ampunan Allah SWT? Bahkan, istighfar mendatangkan beberapa keberkahan nan teramat luar biasa.

Istighfar dalam ayat-ayat di atas memberi manusia keberkahan berupa datangnya hujan lebat nan berarti rezeki melimpah, memperbanyak keturunan, harta nan berkah, dan memberikan manusia aset serta estetika nan dalam ayat ini diwujudkan dalam bentuk kebun dan sungai.Bahkan, dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa siapa orang nan terbiasa beristighfar, ia akan banyak mendapatkan imbas keberkahan nan luar biasa bernilai.

”Barang siapa nan selalu beristighfar, Allah akan memberinya kelapangan dalam setiap kesempitannya. Dan, Allah akan membukakan jalan dari kesusahannya serta Allah akan memberinya rezeki dari nan tak disangka-sangka.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).Tiga keberkahan istighfar nan disebutkan dalam hadis ini: kelapangan hidup, terbukanya jalan, dan rezeki, senantiasa datang dari jalan nan tidak terduga. Subhanallah

Hikmah

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy