Laki-laki Memakai Kain Sutera, Apa Hukumnya?

Laki-laki Memakai Kain Sutera, Apa Hukumnya?

Ass. wr. wb.

Pak ustadz nan diberkahi Allah, aku mau tanya apakah ada hadist Rasul nan melarang kaum laki-laki memakai pakaian nan terbuat dari kain sutera? Lalu apa hukumnya dan adakah riwayat tentang para sahabat? Terima kasih atas perhatiannya.

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sutera dan emas ialah dua hal nan diharamkan buat laki-laki dari umat Muhammad SAW. Namun halal dikenakan untuk para wanita. Inilah nan telah dibenarkan oleh para ulama, lantaran semua dalil menyebutkan demikian.

Di antaranya dalil nan dapat kita baca pada sabda beliau antara lain dalil-dalil berikut ini:

عَنْ أَبِي عَامِرٍ اَلْأَشْعَرِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ اَلْحِرَ وَالْحَرِيرَ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ، وَأَصْلُهُ فِي اَلْبُخَارِيِّ

Dari Abi Amir Al-Asy’ari ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Nanti akan ada sebagian dari ummatku nan akan menghalalkan zina dan sutera." (HR Abu Daud dan asalnya dari Al-Bukhari)

وَعَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: نَهَى اَلنَّبِيُّ أَنْ نَشْرَبَ فِي آنِيَةِ اَلذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ, وَأَنْ نَأْكُلَ فِيهَا, وَعَنْ لُبْسِ اَلْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ, وَأَنْ نَجْلِسَ عَلَيْهِ رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ

Dari Hudzaifah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Rasulullah SAW melarang kami buat minum dalam wadah emas dan perak, atau makan dengannya. Juga melarang kami mengenakan baju sutera dan duduk di atasnya." (HR. Bukhari)

وَعَنْ عُمَرَ قَالَ: نَهَى اَلنَّبِيُّ عَنْ لُبْسِ اَلْحَرِيرِ إِلَّا مَوْضِعَ إِصْبَعَيْنِ, أَوْ ثَلَاثٍ, أَوْ أَرْبَعٍ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ

Dari Umar ra. berkata, "Rasulullah SAW telah melarang kami buat mengenakan sutera, kecuali pada loka seukuran dua jari, tiga jari atau empat jari." (HR Muttafaqun ‘alaihi).

وَعَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ قَالَ: أُحِلَّ اَلذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي, وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهِمْ. رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَالنَّسَائِيُّ, وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ

Dari Abi Musa ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dihalalkan emas dan sutera buat para wanita dari ummatku. Namun diharamkan untuk laki-laki dari ummatku." (HR Tirmizi dan beliau menshahihkannya)

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

Umum

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy