Mengaktifkan Pengurus Masjid

Mengaktifkan Pengurus Masjid

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ustadz, bagaimana cara mengaktifkan pengurus masjid. Persoalannya, masjid di daerah rumah aku lumayan memadai. Tapi, pengurusnya tak aktif. Sayang sekali kalau masjid hanya dipakai buat shalat, itu pun hanya di waktu shalat nan ramai.

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Kalau pengurus masjid tak aktif, sebelum kita lakukan upaya mengatasinya, seharusnya kita cari dulu sebabnya, mengapa mereka tak aktif sebagai pengurus masjid. Namun terlepas dari persoalan sebab, ada beberapa hal nan dapat kita lakukan buat mengatasi ketidak-aktifan pengurus. Pertama, bangkitkan kembali motivasi bahwa menjadi pengurus masjid merupakan tugas nan amat mulia. Kesediaan kita menjadi pengurus masjid merupakan amanah nan tak boleh kita sia-siakan, karenanya secara formal perlu juga para pengurus itu dimintai kesediaannya menjadi pengurus secara tertulis.

Kedua, di awal priode kepengurusan perlu dilakukan pelatihan pengurus buat menyamakan persepsi dan langkah kerja, karenanya kadangkala ketidak-aktifan seseorang disebabkan disparitas persepsi dan teknis aplikasi tugas.

Ketiga, secara rutin dilakukan rapat-rapat pengurus buat mengevaluasi hasil pekerjaan dan mencanangkan kerja nan lebih baik pada masa-masa mendatang.

Keempat, melakukan studi banding ke masjid lain nan lebih maju meskipun kendala mereka juga banyak.

Kelima, pembinaan keimanan dan keislaman pengurus perlu diperkokoh secara spesifik sebab semakin besar beban seseorang semestinya semakin besar pula bekal nan harus disiapkannya. Untuk menghemat waktu, pembekalan ini dapat juga dilakukan pada waktu kedap pengurus.

Keenam, menjalin komunikasi personal atau interaksi nan sifatnya pribadi sehingga mengapa seseorang tak aktif dalam kepengurusan masjid tak selalu harus ditanyakan di dalam rapat, tapi melalui pendekatan secara pribadi, baik antara ketua dengan stafnya maupun antara staf dengan staf pengurus lainnya, sehingga ada pendekatan nonformal nan dilakukan, bahkan mungkin saja hal ini dapat lebih efektif.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy