Mengatur "hidup" dan "kehidupan" nan Lebih Baik

Mengatur "hidup" dan "kehidupan" nan Lebih Baik

Ass. Wr. Wb

Saya seorang kepala rumah tangga dengan tanggungan 1 isteri dan 2 anak (8 dan 3 th). Saya seorang karyawan pabrik dan isteri ibu rmh tangga, akhir-akhir ini aku kebobolan dengan keuangan kami. Ini bermula dengan jatuh tempo pembayaran hutang sebesar 2. 5 jt bulan ini. Harusnya ini tak terjadi seandainya aku dapat membayar 200 rb/bln dari 12 bln lalu, tapi nyatanya itu tidak.

Sekarang aku pinjam ke teman dan dalam tempo 3 bln harus lunas. Ini akan berimbas dengan kehidupan kami 3 bulan ke depan sebab masih banyak pos2yangharus dibayar seperti bayar rumah, listrik, susu anak, uang dapur dan ada pinjaman kantor juga nan belum beres padahal pendapatan aku cuma 1. 7 jt/bln. Mohon donasi bapak buat menyikapi ini semua, terima kasih.

Wss. Wr. Wb

Bapak Prast nan aku hormati, aku turut prihatin dengan kondisi nan bapak alami saat ini. Apalagi sebagai kepala rumah tangga tentulah menjadi sebuah tanggung jawab buat bisa menyelesaikan masalah ini.

Ketika kita sudah terbelit oleh hutang, maka sudah menjadi konsekuensi logis bagi kita buat melunasinya nan pada akhirnya mempengaruhi pendapatan dan belanja rumah tangga.

Sangat kurang bijak bila hutang harus dilunasi dengan berhutang. Karena hal ini bukanlah jalan keluar nan baik tapi justru kita terjebak dalam sebuah labirin nan bisa membuat kita stres sebab selalu memikirkan penyelesaiannya.

Oleh karenanya lakukanlah penghematan. Cobalah Anda amati secara jernih, pos-pos mana saja nan bisa dihemat. Misalkan lauk-pauk, transportasi, dan sebagainya. Dengan penghematan ini biaya nan seharusnya keluar bisa ditekan buat membantu melunasi cicilan hutang Anda.

Bukan sebuah retorika bila kesabaran juga menjadi salah satu jalan keluar dari masalah ini. Tingkatkanlah kesabaran Anda dan sering-seringlah buat mendekatkan diri pada Allah SWT moghonlah petunjuk dan pertolonganNya..

Mudah-mudahan kondisi Anda saat ini merupakan sekedar ujian dan cobaan buat meningkatkan kualitas keimanan dan kehidupan Anda buat hari esok kelak

”Hai orang-orang nan beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang nan sabar”. (QS: 2: 153)

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy