Mengendalikan Stres

Mengendalikan Stres

Assalamu’alaikum……………..

Bapak Satria aku ingin berkonsultasi mengenai kehidupan aku saat ini. Saya mohon bapak menjawab secara bijak sinkron logika maupun tuntunan Al-Kitab.

Akhir -akhir ini aku sering Nyureng(bhs.jawa) dampak beberapa ujian dari Allah tentang urusan global mulai dari urusan akademik (kuliah), organisasi (saya sebagai ketua himpunan mahasiswa), dan juga keluarga.

3 minggu nan lalu aku mendapat ujian bahwa semester ini aku tak dapat tutup teori dampak ada 1 mata kuliah nan belum lulus, lalu aku juga pusing sekali mengurusi HM sebab pengurusnya masih perlu bimbingan aku sebagai ketuanya, dan juga aku terkadang bingung apabila urusan keluarga berbarengan dengan urusan organisasi. Saya tinggalkan organisasi (itu khan amanah), aku tinggalkan keluarga (itu khan lingkungan hayati aku) jadi bingung dech???????

Sebenarnya aku sih tabah-tabah saja menghadapinya cuma merasa salah dengan orang tua sebab sudah janji ini itu terutama urusan akademik. Sebenarnya sih g terlalu dipikirkan tetapi terkadang pikiran itu muncul sendiri misalnya disaat aku sedang bengong. Menurut bapak apa nan harus aku lakukan agar pikiran aku bisa dikendalikan, bersikap bijak terhadap organisasi dan keluarga?

Mungkin itu dulu pertanyaan saya. Terima kasih atas semua jawaban nan bisa memuaskan aku secara bijak.

Saudara TAZ nan aku hormati, salah satu kelengahan para aktivis kampus dalam menyeimbangkan antara menggeluli organisasi mahasiswa dan dalam urusan akademik (perkulihan) termasuk pula dalam keluarganya. Apalagi di era pasca reformasi di mana mahasiswa khususnya organisasi mahasiswa sudah mempunyai kedudukan tersendiri di masyarakat. Sehingga organisasi mahasiswa dituntut buat lebih profesional dalam setiap aktivitasnya.

Hal ini seharusnya sudah harus diperhatikan para aktivis buat bisa menampatkan kedua peran tersebut pada posisi nan sudah semestinya. Tidak mengutamakan salah satunya tetapi mengutamakan keduanya. Tanamkan hal ini di saat kita mulai melakukan ekspresi melalui organisasi kemahasiswaan.

Di sinilah perlunya pengelolaan waktu nan baik dilakukan oleh para aktivis kampus. Mereka harus cerdas memilah kegiatannya, saat mana ia konsentrasi pada perkulihan dan saat harus mengelola organisasinya dengan baik.

Jangan lupakan pendelegasian tugas. Ada baiknya sebagai pimpinan Anda membagi tugas kepada bawahan dengan bertahap sinkron dengan taraf kemampuannya. Tidaklah efektif bilamana setiap kegiatan harus selalu dijalankan pimpinan. Bimbinglah bila diperlukan dan jangan kuatirkan dengan kegagalan, sebab sesungguhnya berorganisasi juga bagian dari proses belajar serta peningkatan potensi diri nan dimiliki oleh seluruh anggotanya nan nantinya bersama-sama memajukan roda organisasi.

Intinya, buatlah manajemen waktu, atur waktu kegiatan Anda dan cerdas dalam menganalisa kebutuhan, mana nan masuk dalam kriteria penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tak penting-mendesak, dan tak penting-tidak mendesak.

Semoga bermanfaat.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy