Merokok Setelah Wudhu

Merokok Setelah Wudhu

Bagaimana hukumnya merokok setelah berwudhu, kemudian melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Bolehkah atau syahkah shalatnya?

Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Ed nan dimuliakan Allah swt

Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz—semoga Allah merahmatinya—mengatakan bahwa rokok tidaklah membatalkan wudhu namun ia termasuk nan diharamkan dan keburukan nan harus ditinggalkan.

Seandainya seseorang menghisap rokok lalu melaksanakan shalat maka tidaklah batal shalat nan dilakukannya itu dan tak pula membatalkan wudhu sebab ia terbuat dari tetumbuhan nan sudah dikenal. Sesungguhnya pengharamannya dikarenakan bahaya nan ditimbulkannya.

Maka bagi para penghisabnya haruslah menghindari, meninggalkan dan memelihara diri dari bahayanya. Tidak boleh membeli, mengkonsumsi dan memperjualbelikannya bahkan diharuskan baginya buat segera bertaubat kepada Allah swt dan tak memperjualbelikannya, berdasarkan firman Allah swt :

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا أُحِلَّ لَهُمْ قُلْ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ

Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu: "Apakah nan dihalalkan bagi mereka?". Katakanlah: "Dihalalkan bagimu nan baik-baik.” (QS. Al Maidah : 4)

Allah swt tidaklah menghalalkan untuk kita kecuali nan baik-baik, yaiyu segala makanan nan mengandung manfaat. Dan firman Allah swt nan menyifatkan Nabi saw :

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ

Artinya : “Dan menghalalkan bagi mereka segala nan baik dan mengharamkan bagi mereka segala nan buruk.” (QS. Al A’raf : 157)

Tidak disangsikan lagi bahwa rokok serta berbagai nan memabukkan seluruhnya termasuk kedalam  الْخَبَآئِثَ (yang buruk), narkoba juga termasuk kedalam  الْخَبَآئِثَ nan harus ditinggalkan.. sebab itu semua menimbulkan kemudharatan (bahaya) nan besar dan bisa pula berefek pada membuang-buang waktu, melalaikannya dari shalat.

Diharuskan bagi nan menghisapnya buat meninggalkan perbuatan itu dan bertaubat kepada Allah swt serta menjaga kesehatan, harta dan waktu-waktunya dengan segala sesuatu nan bermanfaat baginya sebab diwajibkan kepada setiap orang beriman buat waspada terhadap segala sesuatu nan membawa mudharat kepada agama dan dunianya, seperti : rokok dan berbagai nan memabukkan dan hendaklah waspada terhadapnya nan disertai dengan taubat nashuha… (Majmu’ Fatawa Ibn Baaz juz X hal 304)

Walahu A’lam

Ustadz menjawab

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy