Orang Tua Tidak Mengizinkan buat Bekerja di Luar Negeri.

Orang Tua Tidak Mengizinkan buat Bekerja di Luar Negeri.

Assalamualaikum wr, wb.

Bu Anita yth, aku seorang suami dan ayah dari 2 orang anak, berencana buat bekerja keluar negeri sebab mendapatkan tawaran pekerjaan nan cukup menjanjikan di sana. Saya sendiri memang sudah lama ingin dapat bisa mencari ilmu dan pengalaman di sana.

Hanya saja orangtua (ibu) tak mengizinkan dengan alasan nan menurut aku kurang benar. Alasannnya ialah kalau beliau meninggal, beliau ingin aku ikut memandikan dan mengimami jenazahnya, dan diperlukan waktu nan lama buat aku pulang (9jam) walaupun aku merasa saat ini ibu aku masih sehat walafiat (68th), dan sekarangpun sebetulnya aku jauh dari ibu dan bapak, lebih kurang 4 jam lebih kalau naik pesawat.

Saya juga coba mengajak beliau buat ikut bersama aku sekeluarga, tapi beliau menolak. Mohon saran dan masukan dari ibu, kira-kira apa nan harus aku lakukan.

Terima kasih

Wassalaamu’alaikum wr, wb.

Assalamualaikum wr, wb.

Keinginan Anda buat bekerja keluar negeri nampaknya harus terhambat oleh ibunda nan ternyata merasa keberatan dengan niat anda. Saya sesungguhnya memahami perasaan orangtua Anda nan tak ingin jauh dari putra tercintanya.

Apalagi beliau sudah sepuh dan merasa hidupnya tak lama lagi, meski sebenarnya saat ini beliau tak sakit bahkan segar bugar. Sehingga alasan beliau nampaknya terdengar hanya dibuat-buat buat menghalangi niat Anda bekerja keluar negeri.

Meski demikian aku juga mengerti besarnya keinginan Anda buat mendapatkan pengalaman dan tawaran pekerjaan diluar negeri nan sudah Anda impikan sejak lama. Pastilah banyak rasa nan berkecamuk dalam hati Anda saat ini, antara tak ingin mengecewakan ibunda juga rasa kecewa bila harus melewatkan kesempatan buat bekerja di luar negeri.

Saran saya, cobalah Anda memaparkan beberapa alasan mengenai pentingnya bila Anda bekerja keluar negeri kepada ibu. Baik bagi kelangsungan karier maupun bagi perekonomian keluarga.

Apabila segala cara buat membujuk beliau agar mengizinkan Anda bekerja keluar negeri tak membawa hasil. Hanya ada satu cara buat meyakinkan pilihan Anda agar tak menimbulkan penyesalan dikemudian hari, yaitu dengan meminta petunjuk Allah SWT.

Lakukanlah shalat istikharah agar Anda mendapat keyakinan dalam mengambil keputusan. Karena menurut aku keputusan nan akan Anda ambil nanti tentu tetap akan menimbulkan kekecewaan. Namun Insya Allah, apapun keputusan nan diambil bila didasarkan atas petunjuk Allah, pastilah ada maslahat serta merupakan keputusan terbaik bagi anda.

Wallahua’lam bishawab.

Wassalaamu’alaikum wr, wb.

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy