Perbedaan Umur dalam Pernikahan

Perbedaan Umur dalam Pernikahan

Assalamualaikum.

Ana sekarang dalam proses taaruf,, calon suami ana 10 tahun lebih tua dari ana. Dengan jeda segitu, apa tak terlalu jauh, dan berapa jeda nan ideal dalam berumah tangga dilihat dari segi umur laki-laki dan wanitanya? Jazakillah.

Wassalamualaikum.

Assalammu’alaikum wr. wb.

Saudari NF nan Sholehah,

Nampaknya kebimbangan nan saat ini Anda rasakan sebab akan berjodohkan dengan suami nan jauh lebih tua dari usia anda. Dalam berumah tangga sebenarnya tak ada patokan nan niscaya buat menilai jeda usia nan ideal bagi suami atau isteri, sebab berapapun jeda usianya jika keduanya mampu menyeimbangkan disparitas nan ada maka rumah tangga itu bisa langgeng jalannya.

Sebagaimana Rasulullah, beliau pernah menikah dengan wanita nan jauh lebih tua seperti kKhodijah dan beliau juga pernah menikah dengan wanita nan jauh lebih muda yaitu Aisyah. Dan kehidupan rumah tangga mereka berjalan serasi dan langgeng sampai akhir hayat. Hal tersebut sebab Rasulullah dan isterinya mampu menyesuaikan diri sehingga bisa menjembatani disparitas nan disebabkan oleh usia.

Memang usia nan jauh antar lelaki dan wanita dalam pernikahan akan memiliki banyak disparitas baik secara fisik maupun psikologis. Dan disparitas tersebut memang rentan terhadap konflik ketika masing-masing tak menyikapi disparitas tersebut dengan pengertian. Seperti gaya hayati saja, ketika jeda usianya jauh maka hal nan menyenangkan bagi nan lebih tua dapat jadi merupakan hal nan membosankan bagi nan lebih muda.

Namun ketika disparitas tersebut dinikmati maka akan menyemarakkan kehidupan rumah tangga. Contohnya ialah Rasulullah nan pernah melakukan lomba lari dengan Aisyah, nan artinya beliau menyadari usia Aisyah nan masih sangat mudah membutuhkan keakraban nan "unik" sehingga melakukan hal-hal nan menyenangkan bagi Aisyah. Oleh karenanya bukan disparitas atau jeda nan jauh nan perlu dicemaskan namun kesiapan diri kita baik lahir maupun batin buat bisa menyesuaikan diri dengan semua disparitas tersebut. Wallahu’alambishshwab.

Wassalammu’alaikum wr.wb

Rr. Anita W.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy