Rehab Rumah 30 m2

Rehab Rumah 30 m2

Assalamualaikum wr wb pak Ustadz, aku baru saja membeli rumah dengan luas bangunan 30m2 dan luas tanah 75 m2(6mx12,5m). Rumah ini hanya terdiri dari 1 kamar tidur (3×2,75m), 1 kamar mandi di sebelah kamar tidur(1,75×1,25m) dan 1 ruangan di depan kamar tidur sebagai ruang tamu merangkap ruang serbaguna. Huma di bagian belakang masih ada 6×4 m. Saya berencana memanfaatkan residu huma buat menambah ruangan.  Saya menginginkan tambahan ruangan nan terdiri dari 1  kamar tidur, loka cuci, dan dapur merangkap ruang makan. Dan kalau memungkinkan 1 kamar kecil lagi buat pembantu. Dapatkah Ustadz memberikan saran bagaimana sebaiknya pengaturan ruangnya? Karena terbatasnya dana aku hanya mampu membuat rumah 1 lantai saja. Dimana sebaiknya dapur dibuat? Mengingat sempitnya huma dan aku tak ingin merubah bentuk rumah nan sudah ada, hanya menambah ruangan di huma belakang. Saya ingin biarpun kecil tapi rumah aku memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan nan baik.

Atas donasi dan masukan dari Ustadz, aku ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Hujan rintik-rintik membahasi bumi. Semoga Jum’at kita pagi ini membawa keberkahan. Setelah dhuha pagi hari. Dan setelah aktivitas kerja menjelang siang. Kita siap menyongsong panggilan muadzin. Namun sejenak aku up date konsultasi ini.

Kali ini email dari Ibu Sinta nan ingin merehab rumah 30 m2 -nya. Semoga aku dapat mengatasinya sebab huma nan ada cukup kecil. Susah buat bergerak kesana sini. Namun rizki nan ada memang patut disyukuri. Agar bertambah. La insyakartum la azidannakum. Wa lainkafartum inna adzabi lasyadid. Maka kita jangan kufur. Karena adzab Allah menanti jika kita lupa bersyukur pada amanah rizki nan ada.

Ruang tidur di depan lalu di belakangnya kamar mandi. Ruang tamu dan ruang makan/keluarga digabung saja. Tanpa dapur khusus. Tipikal disain rumah sederhana. Mari kita lihat denah awalnya dulu seperti pada gabar berikut ini :

Setelah di otak atik sana sini maka aku putuskan cuci jemur di depan saja. Berikut juga dengan ruang pembantu. Lalu kamar tidur tambahan di belakang. Dengan konsep ini kita punya laba insentif area. Yang dimanfaatkan buat dapur di belakang. Selain itu kita jadi memiliki 2 taman. Satu di belakang antara dapur dan ruang tidur serta teras keluarga. Satu lagi di dalam. Merupakan taman dalam bagi wc lama agar tetap ada cahaya. Dengan lubang void di atas. Maka mengalirlah cahaya dan udara ke dalam.

Gambar di bawah ada disparitas sedikit. Di bawah mobil tak dapat masuk. Gambar di atas dapat masuk. Karena tembok ruang tamu aku mundurkan 1 m. Tinggal dipilih mana nan disukai. Tergantung biaya.

3 dimensi berikut ialah bagian belakang. Atap lama tak berubah. Tinggal ditambah jurai atap setengah kuda-kuda buat atap ruang tidur belakang. Lalu atap dapur simple saja. Pakai cor dak beton. Hingga dapat meletakkan tangki air.

Ini gambar depannya. Bird eye view nan memudahkan kita melihat pola bangunan secara keseluruhan. Dengan atap dak beton buat ruang pelayan dan atap transparan buat jemuran membuat kita tidak perlu membongkar atap lama.

Hanya memang mobil di loka ini dapat masuk. Karena memang tembok depan dimundurkan 1 meter. Jadi dengan 4.5 meter panjang paling tak minibus dapat masuk. Tapi innova tidak. Karena bongsor.

Gambar terakhir menjelaskan detail saja. Ada motor nan dapat masuk. Lalu pintu masuk ke jemuran juga pakai teralis besi berikut dengan lobang hawanya. Jadi tetap tampil estetis dan fungsional. Taman kecil juga masih dapat diselipkan. Dan Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Saya sangat bersyukur pada Allah sebab diberi ilham buat mengatasi masalah ini.

Netters sekalian, kita jumpa lagi di kesempatan lain. Saya harus mempersiapkan materi buat khutbah jum’at kali ini. Semoga dosa kita selama sepekan diampunkan. Karena itulah sholat Jum’at digelar. Loka kita memohon ampun atas dosa selama sepekan. Itulah janji Allah.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST –

NB. Netters sekalian, aku telah up date setelah artikel ini hal terkait. Karena ada kecenderungan kasus. Walaupun memang secara fungsi berbeda. Hingga analisa denah mirip, namun tampilan muka berbeda. Dan mohon donasi disebarkan ke teman-teman nan membutuhkan info ini. Terimakasih atas klik nya dan perhatian netters sekalian kepada situs kami.

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy