Sedih Rasanya Istri Ucapkan kata Cerai

Sedih Rasanya Istri Ucapkan kata Cerai

Assallamualaikum.Wr,Wb

ibu siti nan di muliakan allah,Saya ingin bertanya apa hukumnya jika istri sering mengucap kata cerai setiap kali kami berselisih pendapat,Saya harus bagaimana.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Sdr. Dedy nan semoga dicintai Allah swt.,

Pertanyaan Anda singkat dan padat, namun menunjukkan bahwa Anda mencintai ketentuan/ syariat Allah buat menjadi acuan dalam kehidupan berkeluarga. Semoga ini tercatat menjadi amal kebaikan. Hukum islam mengatur bahwa hak talak itu ada pada suami, jadi dalam kasus Anda meskipun istri sering mengucapkan kata cerai maka itu tak berlaku perceraian. Lain halnya jika istri menggugat cerai ke pengadilan dan pengadilan mengabulkannya maka baru perceraian dapat terjadi. Pengadilanlah nan akan mempertimbangkan apakah alasan istri minta cerai berdasarkan alasan-alasan nan kuat, misalnya ada kekerasan, tak mendapat nafkah lahir-batin atau tak mendapat hak-haknya sebagai istri, semua tergantung pertimbangan-pertimbangan nan kuat.

Sdr. Dedy nan semoga dicintai Allah swt.,
Coba Anda cari apa alasan istri selalu minta cerai, apakah sebab Anda melakukan kesalahan? Atau apa? Introspeksi ialah jalan nan tepat buat masalah ini. Seorang wanita memang lebih emosional dan gampang mengucapkan kata cerai, oleh sebab itulah kita patut bersyukur bahwa ajaran agama tak menjadikan itu sebagai perceraian meskipun kata cerai diucapkan seorang istri 1000x sehari, misalnya. Lain halnya jika seorang laki-laki mengucapkan dengan sadar meskipun hanya satu kali, maka dianggap jatuh satu talak. Berhati-hatilah Anda dalam hal ini Sdr. Dedy, agar Anda tak menyesal di kemudian hari.
Sdr. Dedy nan semoga dicintai Allah swt.,
Saya memahami jika Anda bersedih atas sifat istri nan gampang mengucapkan cerai, pahamilah dan jernihkan hati memandang persoalan ini. Meskipun kata sabar ini kata-kata klasik, aku harap Anda bersabar atas konduite istri Anda. OK? Berpikirlah positif, maafkan dia…ini akan membuat permasalahan sesulit apapun nampak lebih mudah. Sdr Dedy, coba urailah permasalahan nan Anda berdua hadapi, di mana titik persoalannya, apakah ada hal-hal nan masih tersembunyi? Kadang bagi istri sebuah kasus dipandang sebagai masalah, namun suami menganggap enteng masalah ini. Lembaga keterbukaan amat diperlukan dalam rumah tangga. Ambillah waktu break dari kesibukan kerja buat bisa mencari waktu berdua dengan istri. Semoga dari sini banyak temuan berharga buat kebahagiaan perkawinan Anda. Iringi dengan mendekatkan keluarga pada Allah swt, bacaan ayat-ayat Al Qur’an akan menyejukkan rumah dan hati penghuninya, insya Allah…salam dari saya..
Wallahu a’lam bisshawab,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu

Bu Urba

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy