Si 2th Saya Sangat Keras Hati

Si 2th Saya Sangat Keras Hati

Assalammu’alaikum Wr. Wb Salam Kenal Bu, aku baru bergabung nih. Saya ialah seorang ibu bekerja dari seorang putri. Sekarang usianya 2 thn. Waktu aku bekerja anak aku titipkan pada ibu mertua saya. Tapi kok kelamaan akibatnya anak aku jadi keras hati, apa nan diminta sine qua non sekarang itu juga. Kadang repot juga kalau nan diminta itu nggak ada dia niscaya nangis sambil bergulingan di lantai. Saya mau tanya apakah itu berakibat jelek sampai dia dewasa nanti. Apakah sahih jika anak dititpkan bersama neneknya dia akan menjadi manja. Karena dia konfiden apa nan dia inginkan selalu ada. Bagaimana cara mengatasinya? Saya juga mau tanya, sebelumnya aku sudah membaca artikel anak nan tak mau makan. Anak aku juga susah sekali makannya, tetapi susunya alhamdulillah lancar. Berbagai usaha sudah aku coba. Tapi hasilnya nihil. Akhirnya aku biarkan saja. Apakah gizi anak akan terpenuhi dengan susu saja? Keponakan aku umurnya beda 3 bln dengan anak aku tak mau makan juga tapi juga tak mau minum susu berat badannya dibawah normal tapi dia lincah dan cerdas. Apa itu tak apa-apa? Itu saja nan ingin aku tanyakan maaf sebab terlalu banyak pertanyaan. Sebelumnya aku ucapkan terima kasih sudah mau membaca email dari saya. Wassalam

Nining

Jawab :

Assalammu’alaikum Wr. Wb., Bu Nining nan solihat, bu, anaknya anak pertama ya bu, jadi tentu saja selain sebab anak pertama dan lucu, sang nenek pun seperti menemukan kembali anaknya nan lucu nan sekarang sudah besar dan menikah dengan bu Nining, ya bu. Kalau terus dibiarkan dalam keadaan manja dan semua permintaannya dituruti, sudah niscaya dia akan terus begitu sampai dewasa mumpung masih kecil jangan dibiarkan bu, caranya walau dia nangis dan berguling-guling, jangan dimarahi jangan ditegur, diamkan saja, walau ada orang lain atau orang banyak diamkan saja. Nanti ketika capek dia akan diam saja, namun bila sudah menjadi atau semakin parah, ibu harus bersikap tegas dan dapat bersuara keras agar dia paham bahwa itu tak boleh. Saya konfiden dia akan mengerti bahwa hayati ada aturannya, kalu didiamkan niscaya akan menjadi Norma buat dituruti kemaunnya.

Anak tak mau makan, maunya susu saja, terus berikan susu bu, dan terus kasih perlahan semua jenis makanan, lambat laun akan ketahuan dia sukanya apa, ketika berusia 3 tahun dan punya mitra baru nan menyukai apel, niscaya dia akan suka makan apel juga. Atau mengikuti sepupunya nan sepermaianan ketika sepupunya suka makan pisang atau buah, Insya ALLOH anak akan mengikuti apa nan dimakan sepupunya itu. Saran aku ibu bersabar saja dulu ya bu, semoga mendapat kebaikan dan terus berusaha di jalan ALLOH sebagai ibu nan solihat dan selalu dekat dengan anak.

Terakhir bu, diskusikan dengan mertua mana nan boleh mana nan tidak, Insya ALLOH ibu mertua mau membicarakan tapi bila sampai pada disparitas pendapat Bu Nining diam saja namun diam-diam ibu tetap melaksanakan nan ibu pikir baik, sebab biar bagaimanpun setiap orangtua punya anggaran sendiri.

Wassalammu’alaikum

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy