Tembok Berjamur

Tembok Berjamur

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, terimakasih atas jawaban pertanyaan mengenai tembok nan langsung di aci tanpa plesterasn. Pertanyaan berikutnya ialah bagaimana mengatasi tembok nan terlihat bercak-bercak  seperti jamur?

Lalu bagaimana cara nan bagus buat tembok interior dan exterior supaya awet?  terima kasih sebelumnya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Fauzi

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Fauzi, terimakasih pula atas aksesnya kepada kami. Mohon doa agar kami tetap dapat tampil istiqomah berkibar dan berdakwah di global maya ini.

Untuk tembok nan berjamur sebenarnya ada kaitannya dengan tembok nan belum diplester sama sekali. Jamur itu ialah imbas dari rembesan air nan merayap pada tembok terbuka. Karena belum ada pelapisnya mulai dari plesteran – acian hingga water proof maka area ini menjadi lembab. Bekas tertimpa air hujan. Tembok dan area sekitarnya menjadi lembab bahkan air sebenarnya air masih tertampung di wilayah tersebut.

Hal ini membuat tumbuh suburnya jamur. Bentuknya mulai dari bercak noda hitam hingga puncaknya ia berbentuk payung sebagaimana jamur pada umumnya nan kita lihat. Jadi jamur ini hanya imbas samping saja.

Untuk mengobatinya tentu harus ke akar masalahnya. Yaitu dengan membuat plesteran hingga acian dan proses terakhir water proof nan baik pada tembok tersebut. Hal ini akan mematikan habitat alami tumbuh kembangnya sang jamur.

Jadi langkah pertama jelas kita harus buang jamur tersebut sampai ke akar – akarnya. Jika perlu siram obat anti jamur tembok tersebut. Atau dapat juga menggunakan minyak tanah. Karena di lapangan biasanya kami mematikan akar tanaman bekas pohon besar nan menjadi sumber rayap dengan menyiramkan minyak tanah.

Setelah itu lakukan proses plester aci hingga water proof. Jika ingin lebih awet lagi gunakan maka bagian akhir dapat menggunakan cat khusus. Beberapa produk cat mengeluarkan cat spesifik eksteior. Ada nan bernama cat wheter shield atau hanya keterangan cat spesifik eksterior.

Insya Allah dengan cara demikian tembok akan awet dan jamur nakal nan sering mengganggu kita akan lenyap dan hilang.

Demikian Pak Fauzi, semoga keterangan singkat aku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST –

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy