Tidak Di Restui Orang Tua

Tidak Di Restui Orang Tua

Assalamualaikum wr. wb

saya mempunyai masalah nan sangat rumit, saat ini aku sedang menjalin interaksi dengan seorang wanita nan aku cintai dan telah merubah hayati aku menjadi lebih baik, tapi ada satu nan menjadi penghalang saya, yaitu orang tua pacar saya, dia membenci aku hanya karna aku memiliki darah sumatra ( ayah aku jakarta dan ibu aku sumatra barat), apa nan harus aku lakukan pak ustad agar orangtua pacar aku tak membenci aku dan mau menerima aku dan merestui interaksi aku dengan pacar saya? padahal tak semua orang memiliki sifat dan konduite nan sama.

Mohon bantuannya, terima kasih.

Wasalamualaikum wr. wb

Saudara nan terhormat, tak seharusnya Anda bersedih hati dan kecewa dengan apa nan Anda terima dari orang tua gadis nan Anda sukai berupa rasa ketidaksukaan hanya sebab mereka tak menyukai darah atau keturunan Sumatera nan ada pada anda. Kedudukan dan prestise seseorang nan sebenarnya tidaklah dilihat dari darah atau keturunan manakah ia berasal , sebagaimana Allah berfirman :
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang nan paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang nan paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S. al-Hujurat : 13)
Anda tak usah bersedih, sebab di mata Allah bukan suku atau bangsa seseorang nan dilihat melainkan ketaqwaannya di global ini.
Terhadap orang tua gadis nan Anda cintai tersebut tetaplah bertingkah laku nan baik dan berakhlak mulia, sebab dengan sikap Anda nan seperti ini dapat saja kemudian orang tua si gadis akan luluh hatinya dan mau menerima keberadaan saudara di dalam keluarga mereka. Sering-seringlah menjalin silaturahmi ke rumah, menelepon buat menanyakan keadaannya, bersikap ramah kepadanya, dan menghargai serta tak balas menyakiti hatinya. Berakhlaklah nan baik dengan calon mertua Anda tersebut, sebab Rasulullah bersabda :
“…. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak nan baik” (Hadits Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Darimi).
Anda juga dapat mengirimkan hadiah atau bingkisan-bingkisan nan disukai oleh orang tua si gadis buat menyenangkan hati mereka, sebab orang-orang nan saling mengirimkan hadiah akan timbul rasa saling menyayangi di antara mereka.
Ada baiknya kalau Anda segera mengungkapkan keinginan Anda buat bersegera menikahi gadis nan Anda sukai tersebut kepada prang tuanya, dengan begitu mereka bisa melihat niat bai dan kesungguhan saudara dalam menjalin hubungan. Tidak sekedar bermain-main atau terkesan tak serius dalam menjalin hubungan.
Adapun apabila sesudah berusaha sebaik-baiknya, orang tua si gadis masih berbuat kurang baik kepada saudara, maka bersabarlah terhadap perlakuan mereka, jelaskan dan tanyakan denga baik apa sebenarnya nan salah bagi mereka dengan adanya darah Sumatra nan ada pada saudara, mintalah penjelasan. Kemudian apabila mereka telah menjelaskan alasan mereka, saudara harus menerangkan dengan baik bahwa apa nan mereka khawatirkan itu tak benar. Misalnya, apabila mereka berpandangan bahwa orang Sumatera itu kasar, cenderung tak bertanggung jawab atau nan lainnya, maka jelaskan bahwa hal seperti itu tak selalu sahih dan tak semua orang Sumatera seperti itu, sama seperti halnya tak semua orang jawa itu halus, ramah dan sopan, ada sebagian di antara orang jawa nan berkelakuan lebih jelek dari orang Sumatra.
Apabila orang tua si gadis tetap pada pendiriannya dan tak mau menerima saudara apa adanya, maka lebih baik saudara tak memaksakan kehendak buat menikah dengan gadis tersebut, dikhawatirkan apabila hal ini dipaksakan akan menimbulkan beberapa hal nan kurang baik seperti tak diridhoinya pernikahan saudara, rasa marah nan timbul, atau putusnya interaksi kekeluargaan antara si gadis dengan orang tua tersebut. Memang masih ada kemungkinan terjadinya perubahan sikap orang tua tersebut di masa mendatang, akan tetapi hal itu masih biasanya membutuhkan waktu lama dan sifatnya juga tak pasti.
Tidak ada salahnya Anda mencari calon lain nan lebih baik dan orang tuanya juga tak mempermasalahkan darah Sumatera nan ada pada saudara. Jikalau Anda mempunyai niat nan lurus, bersungguh-sungguh dan senantiasa memohon kepada Allah maka Insya Allah, Anda akan mendapatkan ganti nan lebih baik dari sebelumya..

Salam Berkah !

( Satria Hadi Lubis )
Mentor Kehidupan

Konsultasi

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy