Tips Dakwah Loka Baru

Tips Dakwah Loka Baru

Assalamu’alaikum waromatullah wabarokatuh

Ustad, aku ialah seorang akhwat nan ingin berdakwah di desa sendiri, buat sementara aku baru mempelajari karakter masyarakat nan ada di lingkungan saya, sebab selama ini aku ngerantau sejak SMP. salah sat u karakter nan baru aku tahu dari masyarakat di loka aku ialah mereka lebih condong mengikuti tokoh masyarakat setempat.

Yang jadi pertanyaan aku ialah bagaimana mengawali dakwah ini dengan kondisi seperti nan aku sebutkan tadi. atas jawabanya jazakumullah khoir katsir.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh

Wa’alaikum salam wr wb.

Ananda Iyah, kenyataan nan Anda saksikan di dalam masyarakat di desa Anda merupakan hal nan generik dan merupakan karakter hampir sebagian besar penduduk pedesaan. Sebagai sebuah budaya bahwa mereka sangat menghormati para orang tua atau nan mereka tuakan. Di satu sisi kita pun tak dapat serta merta menyalahkan masyarakat begitu saja sebab boleh jadi hal ini dikarenakan keterbatasan-keterbatasan nan dimiliki oleh masyarakat tersebut. Misalnya keterbatasan dalam mengetahui dan memahami agama secara baik dan sebagainya. Kiranya perlu diacungkan jempol bagi Anda nan mau terjun langsung berdakwah dan membina di desa Anda berasal.

Adapun para tokoh masyarakat nan mempunyai peran sentral di lingkungan tersebut, maka sebaiknya kitapun bisa menjaga silaturahim dengan para tokoh masyarakat tersebut. Mempunyai interaksi nan harmonis, berteman dan dikenal dengan baik oleh mereka ialah kapital primer dalam berdakwah sehingga di kedepannnya mereka dapat menjadi pembela bila kita mempunyai masalah.

Di samping itu, kita pun harus memahami realita nan ada di masyarakat tersebut, nan dalam bahasa da’i dinamakan fiqhud da’wah. Berdakwahlah Anda dengan lebih dahulu dimulai dengan persamaan-persamaan pandangan ketika memahami agama dan sebisa mungkin buat menghindari atau tak terburu-buru membahas hal-hal nan berbeda dan telah menjadi pegangan masyarakat.

Bergaullah secara aktif dengan masyarakat dan tokohnya serta tunjukkan atau berdakwahlah pula Anda dengan sikap, konduite (Akhlaq) nan mencerminkan kepribadian seorang muslim/muslimah nan sholeh/ah. Inilah juga bisa menjadi kapital dasar kesuksesan seseorang dalam berdakwah. Tanamkan sikap seperti minyak di dalam air walalupun berbaur, tetapi ia tak campur. Atau seperti halnya Ikan nan tak berasa asin walaupun ia hayati dilautan luas.

Jangan lupa menjaga interaksi dengan Allah Sang Pemilih hati dan jiwa seseorang. Mohonlah padaNya agar Anda diberikan kemudahan dalam berdakwah dan agar kiranya Allah bisa membuka hati-hati mereka sehingga mereka mau mengikuti kebenaran nan sesungguhnya.

advertisements

Abu Haidar 2018 - Contact - Privacy Policy