Ziarahlah Ke Kubur, Dan Hidup Keadaan Penghuninya

Ziarahlah Ke Kubur, Dan Hidup Keadaan Penghuninya

Oleh Ustadz Didik Hariyanto

 

Mengunjungi kuburan dan membayangkan bagaimana keadaan para penghuninya; dahulu mereka makan enak, bersenang-senang, memakai baju mewah dan terbaik sekarang sudah menjadi debu dalam kuburnya, meninggalkan semua kekayaan dan anak cucunya. Dia sadar bahwa tak lama lagi akan bergabung bersama mereka, loka kembalinya sama dengan loka kembali mereka. Ziarah kubur akan memberikan nasihat dan pelajaran serta peringatan konkret bagi kita nan lalai.

 

Rasulullah bersabda:

 

“Sesungguhnya saya dahulu telah melarang kalian buat berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah sebab akan dapat mengingatkan kalian kepada akhirat dan akan menambah kebaikan bagi kalian.” (HR. Muslim)

 

“Sekarang berziarahlah ke kuburan sebab sesungguhnya di dalam ziarah itu terdapat pelajaran nan besar… . Dalam riwayat sahabat Anas bin Malik : … sebab bisa melembutkan hati, melinangkan air mata dan bisa mengingatkan kepada hari akhir.” (HR.  Ahmad, disahihkan Al-Albani dalam Ahkamul Janaiz hal: 228)

 

Barangsiapa nan menatap kubur dan menghayati betapa berat penderitaan di dalamnya maka akan lembutlah hatinya dan hilang sifat kerasnya serta akan datang keharibaan Allah dengan penuh kejujuran.

 

Hikmah

advertisements

Abu Haidar 2017 - Contact - Privacy Policy